close

Kenapa harus Material Stainless Steel?

Kenapa harus Material Stainless Steel?

Selain memiliki kelebihan tahan karat dan lebih kokoh, jenis pipa ini memiliki kelebihan lain. Apa sajakah kelebihan tersebut dan apa benefit untuk industri? Berikut ini 5 alasan mengapa pipa stainless steel cocok untuk kebutuhan industri.

Pipa stainless steel adalah jenis pipa yang populer dipakai di berbagai industri. Hal ini dikarenakan jenis pipa ini menggunakan bahan yang efektif dan kokoh. Stainless steel adalah jenis baja campuran yang mengandung besi sebagai bahan utama dan mencampurkan kromium sekitar 10%. Pada stainless steel, terdapat bahan campuran lainnya, seperti karbon yang membuat struktur besi menjadi baja. Kromium sendiri berfungsi untuk memperkuat anti karat pada jenis baja tersebut. Selain campuran karbon, ada juga beberapa zat kimia lainnya yang ditambahkan dalam pipa stainless steel, seperti nikel dan molybdenum.

 

 

Pipa stainless steel yang biasanya dipakai di industri memiliki beberapa tipe. Tipe yang kerap dipakai di berbagai industri, yaitu tipe 304 dan 316. Dua tipe ini termasuk dalam golongan pipa stainless steel 300. Satu hal yang membedakan dua tipe ini, yaitu persentase kandungan kromium dan nikel di dalamnya yang berbeda-beda.

 

Untuk pipa stainless steel tipe 304, komposisi kromium sebesar 18% dan nikel sebesar 8%. Untuk tipe 316, kromium yang terkandung sebesar 16% dan nikel sebesar 10% dengan tambahan senyawa molybdenum yang memberikan ketahanan karat lebih baik.

 

Selain memiliki kelebihan tahan karat dan lebih kokoh, jenis pipa ini memiliki kelebihan lain. Apa sajakah kelebihan tersebut dan apa benefit untuk industri? Berikut ini 5 alasan mengapa pipa stainless steel cocok untuk kebutuhan industri.

 

 

1. Anti Karat

Karat adalah masalah utama dari konstruksi pipeline. Oleh karena itu, besi tidak bisa berdiri sendiri sebagai bahan pipa. Permukaan luar pipa baja, besi, dan beton dapat rusak seiring berjalannya waktu karena terpapar sinar UV. Sedangkan, dinding bagian dalam pipa yang terbuat dari bahan lain akan cenderung berkarat dan rusak akibat abrasi atau menumpuknya serpihan.

Akan tetapi, berkat adanya sifat ketahanan karat dari pipa stainless steel, semua masalah ini tidak akan sering terjadi.

 

2. Cost-Effective

Dalam memilih bahan pipa untuk konstruksi pipeline, pastinya Anda akan membeli produk pipa yang tahan lama untuk penggunaan jangka panjang. Menggunakan pipa stainless steel adalah pilihan tepat. Hal ini dikarenakan jenis pipa ini memiliki bahan yang bagus dengan kemudahan maintenance dan pemasangannya. Biaya maintenance pipa stainless steel pun cenderung lebih rendah, terlebih didukung oleh sifatnya yang tahan karat. Bahkan, saking bagusnya, Anda tidak perlu mengganti pipa ini selama beberapa dekade.

 

3. Kuat dan Serbaguna

Jenis zat kimia seperti nikel, molybdenum, atau nitrogen dapat ditambahkan ke stainless steel untuk meningkatkan sifat tahan karat. Dengan begitu, stainless steel dapat bertahan pada suhu dan tekanan ekstrim. Selain itu, kekokohannya juga bisa diperkuat dengan menambahkan zat kimia lainnya.

 

4. Visual Elegan

Pipa stainless steel memiliki tampilan yang mengkilap karena adanya kromium yang ditambahkan ke dalam campuran bajanya. Oleh karena itu, visual dari pipa ini tampak elegan secara alami.

 

5. Ramah Lingkungan

Stainless steel bukanlah produk minyak bumi. Bahkan, jenis pipa ini tidak perlu dilapisi dengan bahan apa pun, tidak seperti bahan perpipaan lainnya. Saat Anda perlu mengganti atau membuang stainless steel, pipa tersebut 100% dapat didaur ulang. Hal ini tentu mengurangi dampak lingkungan yang buruk dengan limbah perpipaan.

Sebanyak 50% dari semua stainless steel baru yang diproduksi di Amerika Serikat terbuat dari besi tua daur ulang.

 

Dikarenakan 5 alasan di atas, harga jenis pipa ini cenderung lebih mahal. Akan tetapi, jelas harga yang ditawarkan worth it dengan kualitas dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Nah, jika Anda sedang mencari pipa stainless steel berkualitas dengan harga kompetitif untuk kebutuhan industri, bisa mencarinya di PT Stainless Steel Primavalve Majubersama

 

PT Stainless Steel Primavalve Majubersama merupakan stockist kebutuhan material terbaik untuk general industri . Telah berdiri sejak tahun 1992,

Spesifikasi untuk pipa stainless steel yang tersedia, yaitu ada ASTM SA/A312 TP304/304L atau ASTM SA/A312 TP316/316L. 

 

Selain pipa berjenis seamless, SPV Majubersama juga menyediakan berbagai produk kebutuhan pipeline lainnya, seperti fitting, flange, stud bolt & nut, serta gasket yang sudah tersertifikasi ASTM, ASME, 3A. Kualitas yang ditawarkan oleh PT Stainless Steel Primavalve Majubersama pun tidak main-main! Dengan mengantongi deretan sertifikasi resmi dengan harga yang kompetitif, dijamin Anda tidak akan kecewa menggunakan produk dari PT Stainless Steel Primavalve Majubersama

 

Segera order produk kebutuhan pipeline berkualitas dari PT Stainless Steel Primavalve Majubersama melalui nomor telepon, kontak WhatsApp, atau alamat email yang ada di bawah ini. Jangan lupa cek website resmi mereka di www.spvmb.com untuk melihat katalog produk.

 

WA : 087798117870 / 08126900481

email : [email protected]

TIA Virtual_assistance SPV

 

 

UPDATES

News & Events